Tazkiyatun Nafs Inti Pendidikan

Tazkiyatun Nafs Inti Pendidikan

Ilustrasi

Muslimahzone.com – Seorang ulama besar, Ibnul Qayyim pernah memberi petuah bahwa di antara ciri-ciri kebahagiaan dan kemenangan seorang hamba ialah bila ilmu pengetahuannya bertambah, maka akan bertambah pula kerendahan hati dan kasih sayangnya. Setiap bertambah amal-amal shalih yang dilakukannya, akan bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya dalam menjalankan perintah Allah. Semakin bertambah usianya, semakin berkuranglah ambisi ambisi keduniaannya. Ketika bertambah hartanya, bertambah pula kedermawanan dan pemberiannya pada sesama. Jika bertambah tinggi kemampuan dan kedudukannya, bertambahlah kedekatannya pada manusia dan semakin rendah hati pada mereka.

Sebaliknya, ciri-ciri kecelakaan seseorang adalah: Jika bertambah ilmu pengetahuannya, bertambah kesombongannya. Setiap bertambah amalnya, bertambah kebanggaannya pada diri sendiri dan penghinaannya pada orang lain. Bila semakin bertambah kemampuan dan kedudukannya semakin bertambah pula kesombongannya.

Para pendidik pada saat ini menghadapi kondisi yang begitu rawan: hati kesat dan berbagai penyakitnya seperti dengki dan ‘ujub yang tersebar luas. Begitu juga dengan anak didik yang tidak lagi memperhatikan etika, adab sopan-santun dan mengalami disorientasi dalam hidup.

Oleh karena itu, dalam proses pendidikan  yang bertujuan untuk semakin mengenali potensi fitrah jiwa manusia dan semakin mendekatkan pada Sang Khaliq, seseorang perlu senantiasa melakukan Tazkiyatun Nafs (penyucian jiwa). Karena jiwa-jiwa yang kotor, hanya akan mencemari ilmu maupun amalan. Mengenali diri memang penting. Seperti kata khalifah Ali radhiallahu anhu “Man arafa nafsahu, faqod ‘arofa Rabbahu,” orang yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya.

Rasulullah juga mengajarkan kita untuk lebih banyak bercermin dan mengevaluasi diri sendiri, ketimbang bercermin dan mengevaluasi orang lain. Karena orang yang sibuk oleh aib dan kekurangannya, kata Rasulullah lebih beruntung, ketimbang orang yang sibuk dengan kekurangan orang lain.

Oleh: Rhyme

(zafaran/muslimahzone.com)

Baca juga:

Bagaimana menurut Anda?

Kajian

Lebih Baik Tidak Menggunakan Pil Pencegah Haid Selama Haji

Lebih Baik Tidak Menggunakan Pil Pencegah Haid Selama Haji

MuslimahZone.com – Yang menjadi pertimbangan wanita muslimah menggunakan pil pencegah haid adalah [...]

Bolehkah Melubangi (Tindik) Telinga Bayi?

MuslimahZone.com – Melubangi daun telinga (tindik) bayi perempuan untuk menempatkan perhiasan diperbolehkan [...]

Selamatan Rumah Baru

MuslimahZone.com – Dalambudaya masyarakat di Indonesia sudah menjadi hal umum apabila seseorang [...]

Kesehatan

Usia Hampir 3 Tahun, Anak Telat Bicara

Usia Hampir 3 Tahun, Anak Telat Bicara

MuslimahZone.com – Bagaimana jika ada anak usia 2 [...]

Makanan Penurun Kolesterol

MuslimahZone.com – Banyak diantara kita yang suka sekali [...]

Lakukan Hal-Hal Berikut Sebelum Memutuskan Operasi Caesar

MuslimahZone.com – Operasi caesar sebaiknya dihindari sebisa mungkin [...]