Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Ilustrasi

Muslimahzone.com – Memiliki pori-pori wajah yang besar walaupun bukan merupakan suatu hal yang berbahaya secara medis, akan tetapi dapat mengganggu penampilan. Karenanya, banyak orang, pria dan wanita, yang berusaha keras supaya pori-pori di wajah mereka mengecil.

Secara umum, yang lebih peduli terhadap masalah ini adalah kaum hawa, termasuk para akhwat, terutama yang sudah menikah. Alasannya ? Apalagi kalau bukan untuk membuat suami semakin terpesona kepada istri tercinta.

Melihat kondisi ini banyak perusahaan berinisiatif untuk membuat solusi kosmetik untuk mengecilkan pori-pori wajah, tentunya dengan basis bahan kimia sintetis. Namun tahukah ukhti, bahwa sebetulnya tidak perlu memakai obat kimiawi tersebut pun, pori-pori di kulit dapat mengecil dengan berbagai cara yang lebih alami? Berikut di antaranya :

Masker Herbal Wortel

Pori-pori yang besar di area wajah disebabkan oleh berbagai hal, antara lain karena masalah genetis, penuaan usia, dan atau kesalahan dalam memilih makanan. Tapi jangan khawatir, karena hal tersebut bukan masalah yang tidak bisa diperbaiki.

Salah satu cara yang dapat ukhti lakukan untuk mengatasi masalah pori-pori yang besar adalah dengan memakai masker herbal wortel di wajah ukhti. Mengapa wortel? Sebab seperti dijelaskan oleh Joni Loughran, penulis “Natural Skin Care”, wortel banyak mengandung vitamin A dan beta-karoten yang bersifat sebagai anti oksidan dan juga tonik untuk wajah, yang membantu untuk membersihkan jerawat dan membersihkan pori-pori yang tertutup oleh kotoran. Debu, kotoran, infeksi, dan juga kulit sel yang mati membuat pori-pori di wajah secara alami menjadi melebar. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori menjadi besar dan terlihat tidak bersih.

Dengan memakai masker wortel yang telah dikukus dan dihaluskan, akan sangat membantu untuk membersihkan pori-pori yang tertutup oleh debu, di mana proses ini akan membuat pori-pori menjadi tertutup kembali. Selain itu, kosmetik herbal wortel akan menambah jumlah vitamin A di dalam tubuh, yang membantu menjaga kulit agar selalu segar dan sehat.

Astringen (Cairan Pembersih) Mentimun

Menurut Cait Johnson, salah seorang penulis ahli tentang kesehatan, mentimun dapat membantu untuk menyegarkan mata, mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, dan membantu untuk menghilangkan lemak pada kulit wajah, yang dapat membantu untuk mengencangkan dan mengecilkan pori-pori pada wajah.

Cara untuk memakai terapi herbal yang satu ini adalah dengan mem-blender mentimun yang sudah dikupas, hingga menjadi lembut dan cair. Setelah itu, tempelkan olahan herbal mentimun tersebut ke wajah ukhti, dan diamkan selama sekira 15 menit. Setelah itu, silakan bersihkan wajah ukhti dengan air bersih dan perhatikan di cermin bagaimana kondisi pori-pori ukhti yang baru.

Vitamin C

Salah satu hal lainnya yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran pori-pori pada wajah ukhti adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C. Kenapa vitamin C? Karena vitamin C adalah merupakan sebuah nutrien yang bersifat anti oksidan, yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen, membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, membersihkan minyak dan juga membantu nutuk menghilangkan kotoran dari wajah.

Untuk mendapatkan vitamin C tidaklah susah, ukhti bisa mendapatkannya dari berbabagi buah seperti jeruk, kiwi dan apel. Selain itu beberapa jenis herbal sayuran juga mengandung vitamin C yang tinggi, seperti brokoli dan bayam misalnya.

Klorofil (Zat Hijau Daun)

Selain itu, ada baiknya juga jika ukhti mengkonsumsi dan memakai masker dari herbal yang mengandung klorofil. Seperti dijelaskan oleh Linus Pauling Institute (bagian dari Oregon State University) dapat membantu untuk menghilangkan toksin dari dalam tubuh dan membantu untuk meningkatkan jumlah aliran oksigen dalam darah yang salah satu efeknya membuat kulit lebih cerah.

Beberapa jenis herbal yang banyak mengandung klorofil adalah berbagai sayuran hijau, seperti berbagai jenis sayuran yang biasa dikonsumsi (bayam, kangkung, brokoli, dan lainnya).

Perhatikan Asupan Zinc

Terakhir, yang perlu ukhti lakukan supaya pori-pori mengecil adalah memperhatikan asupan Zinc (Seng) yang masuk ke dalam tubuh ukhti. Mengapa? Sebab asupan Zinc yang cukup terbukti akan dapat membantu untuk mengurangi produksi minyak pada kulit dan membantu untuk mengurangi jerawat.

Perlu ukhti ketahui bahwa salah satu sebab terjadinya jerawat adalah dikarenakan pori-pori kita bengkak dan tertutup oleh kotoran, minyak dan sebagainya. Dan seperti dijelaskan oleh hasil penelitian New York University Langone Medical Center, Zinc akan dapat membantu untuk mencegah pori-pori menjadi bengkak, yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat sekaligus penyebab pembesaran pori-pori pada kulit.

Untuk mendapatkan Zinc (Seng), ukhti dapat mencarinya pada herbal laut (seperti pada rumput lain), jamur, alfalfa, dan bayam. Cara yang baik untuk memakainya adalah dengan dibuat bubur (diblender) lalu dioleskan ke wajah dan didiamkan beberapa menit.

Penutup dan Kesimpulan

Demikian beberapa hal yang dapat ukhti lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Oleh: Haryo Muslim

(esqiel/salimah/muslimahzone.com)

Bagaimana menurut Anda?

Kajian

Aurat Wanita di Depan Wanita Lain

Aurat Wanita di Depan Wanita Lain

MuslimahZone.com – Mengenai Aurat seorang wanita di depan wanita lain ada dua [...]

Lebih Baik Tidak Menggunakan Pil Pencegah Haid Selama Haji

MuslimahZone.com – Yang menjadi pertimbangan wanita muslimah menggunakan pil pencegah haid adalah [...]

Bolehkah Melubangi (Tindik) Telinga Bayi?

MuslimahZone.com – Melubangi daun telinga (tindik) bayi perempuan untuk menempatkan perhiasan diperbolehkan [...]

Kesehatan

Lesu Saat Haid? Coba Makan Makanan Ini

Lesu Saat Haid? Coba Makan Makanan Ini

MuslimahZone.com – Ketika menstruasi, kondisi tubuh wanita biasanya [...]

Kerokan Dalam Pandangan Medis

MuslimahZone.com – Kerokan? Ah kampungan. Bikin iritasi kulit! [...]

Penguapan Alami Pada Bayi

MuslimahZone.com – Paling sedih dan bingung ketika bayi [...]