Makan Bersama Keluarga, Hadirkan Keharmonisan dan Banyak Manfaatnya

Makan Bersama Keluarga, Hadirkan Keharmonisan dan Banyak Manfaatnya

Ilustrasi

Muslimahzone.com – Menumbuhkan sebuah keharmonisan dalam sebuah keluarga sebenarnya tidaklah sulit, cukup dengan melakukan makan bersama pada satu meja sudah memberikan keharmonisan.

Jarangnya mendapatkan quality time bersama keluarga memang sangat terasa pada orang yang tinggal di kota-kota besar. Kesibukan masing-masing terkadang jarang membuat orang tua menjadi lebih dekat dengan anak dan hadirnya keharmonisan.

Membangun sebuah keharmonisan dan kedekatan kepada keluarga , meskipun hanya dengan makan bersama dalam satu meja merupakan cara paling sederhana. Sebagai orang tua bisa sedikit berbincang tentang perkembangan anak.

Dengan melakukan makan bersama tentunya dalam sisi psikologis anak akan merasa senang dengan kegiatan seperti ini. Sebuah perhatian dan kasih sayang akan dirasakan dari sang anak.

Bahkan tidak hanya perhatian pada sang anak saja, dengan melakukan makan bersama bisa memberikan angin segar terhadap sebuah masalah.

Misal memiliki masalah dengan mertua atau pasangan baik itu suami atau istri, dengan mengajak makan bersama dengan disuguhkan makanan favorit tentunya tanpa disadari masalah tersebut akan sedikit mencair.

Jadi jika ingin membangun sebuah kedekatan dan keharmonisan cara yang paling mudah adalah selalu rutin melakukan makan bersama.

10 Manfaat Makan Bersama

Tidak hanya menciptakan keharmonisan, makan bersama keluarga memiliki banyak manfaat lain.  Berikut ini adalah beberapa manfaat makan bersama:

1. Nutrisi lebih baik. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa keluarga yang makan bersama-sama memiliki nutrisi yang lebih baik secara keseluruhan. Hal ini juga menurunkan risiko berbagai penyakit dan obesitas. Anak-anak dan orangtua mereka akan lebih banyak makan sayuran, sehingga mendapatkan lebih banyak vitamin dan nutrisi.

2. Performa anak-anak lebih baik di sekolah. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Columbia, remaja yang makan bersama keluarga mereka setidaknya lima kali seminggu lebih mungkin mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah. Anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka.

3. Meningkatnya komunikasi. Makan malam bersama dalam keluarga untuk memberi kesempatan untuk komunikasi. Percakapan selama makan memberi kesempatan bagi keluarga untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain. Hal ini juga memungkinkan orangtua dan anak-anak untuk mendiskusikan topik-topik menyenangkan dan serius, dan saling belajar.

4. Mengembangkan keterampilan sosial. Makan bersama juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang baik karena mereka belajar menjadi pendengar yang baik, dan sabar menunggu sementara orang lain sedang berbicara. Mereka juga menjadi ingin tahu tentang orang lain bukan hanya fokus pada diri sendiri.

5. Mengajarkan sopan santun di meja makan. Kesempatan yang baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka sopan santun di meja makan. Jika anak-anak tumbuh tanpa tata krama di meja makan, itu akan menciptakan banyak masalah bagi mereka dalam keberhasilan masa depan mereka.

6. Mengurangi penyalahgunaan zat. Menurut sebuah penelitian oleh Pusat Nasional Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat di Universitas Colombia, keluarga yang tidak makan malam bersama tiga setengah kali lebih rentan terhadap penyalahgunaan resep dan obat lainnya. Makan malam keluarga tentu mengurangi tingkat penyalahgunaan zat di kalangan orang dewasa dan anak-anak dalam keluarga.

7. Hubungan baik. Makan malam keluarga merupakan kesempatan yang ideal untuk memperkuat ikatan keluarga. Anak-anak dapat menggunakan waktu makan malam untuk membicarakan hal-hal penting atau meminta orang tua mereka menjawab pertanyaan anak-anak. Kegiatan membangun hubungan juga bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak terutama saat mereka menghadapi masalah-masalah yang lebih sulit di usia remaja.

8. Lebih hemat. Makanan beli tentunya lebih mengeluarkan biaya daripada makanan yang disiapkan di rumah. Jadi, ini akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

9. Meningkatkan cita rasa anak-anak. Makan bersama berarti memasak makanan yang umum untuk seluruh anggota keluarga. Dengan cara ini, anak mengenal makanan baru dan tidak menjadi rewel tentang pilihan makanan.

10. Struktur dan rutin. Rutinitas membantu anak-anak menemukan organisasi dan kemantapan dalam kehidupan keluarga mereka. Makanan keluarga secara teratur memberikan anak-anak rasa yang normal dan mereka dapat menikmati saat-saat ini setiap hari. [*]

(esqiel/dbs/muslimahzone.com)

Baca juga:

Bagaimana menurut Anda?

Kajian

Wanita, Mayoritas Penghuni Neraka

Wanita, Mayoritas Penghuni Neraka

MuslimahZone.com – Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudriy [...]

Puasa Daud, Puasa Paling Istimewa

MuslimahZone.com – Mungkin banyak orang tidak asing dengan Puasa Daud yaitu melakukan [...]

Menjaga Lisan dari Mengutuk atau Melaknat

MuslimahZone.com – Kata laknat yang sudah menjadi bagian dari bahasa Indonesia memiliki [...]

Kesehatan

Lakukan Hal-Hal Berikut Sebelum Memutuskan Operasi Caesar

Lakukan Hal-Hal Berikut Sebelum Memutuskan Operasi Caesar

MuslimahZone.com – Operasi caesar sebaiknya dihindari sebisa mungkin [...]

Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit

MuslimahZone.com – Kita tentunya sudah mengenal bahwa minyak [...]

Lebaran Nyaman Tanpa Gangguan Pencernaan

MuslimahZone.com – Memasuki bulan Syawal, pasca Ramadhan, biasanya [...]